SISTEM INFORMASI PADA UBER

Image result for uber
SEJARAH
Uber adalah perusahaan rintisan dan perusahan jaringan transportasi asal San Fransisco, yang menciptakan aplikasi bergerak yang menghubungkan penumpang dengan driver serta layanan tumpangan. Perusahaan ini mengatur layanan penjemputan di berbagai kota di seluruh dunia.

BIDANG PERUSAHAAN
Perusahaan jaringan transportasi, yang menciptakan aplikasi bergerak yang menghubungkan penumpang dengan driver serta layanan tumpangan.

DESKRIPSI SISTEM
Sistem yang digunakan yaitu dengan menggunakan aplikasi UBER yang dapat diunduh dengan menggunakan smarthphone. Aplikasi Uber merupakan syarat utama bagi calon penumpang yang ingin menggunakan layanan online ini, karena semua proses mulai dari penentuan tempat penjemputan hingga pembayaran dilakukan menggunakan aplikasi Uber tersebut. Selain penumpang, driver juga diwajibkan menggunakan aplikasi tersebut.

Driver Uber hanya melayani dengan pemesanan, driver tidak berkeliling mencari penumpang. Sistem pemesanan layanan taksi Uber berbeda dengan pemesanan taksi konvensional. Pemesanan dilakukan secara online berbasis web. Calon penumpang terlebih dahulu harus "register" dalam aplikasi Uber yang tersedia di Appstore atau Playstore. Pembayaran dapat dilakukan dengan kartu kredit maupun tunai. Aplikasi Uber akan memproses permintaan dengan menyajikan titik-titik keberadaan driver yang stand-by dilkokasi terdekat penumpang.


Teknologi Informasi yang digunakan
Dalam memberikan layanan, Uber memanfaatkan teknologi informasi, antara lain :
1.Teknologi End User
  • Aplikasi Smartphone Android
  • Aplikasi Smartphone IOS
2.Teknologi Database
  • Cloud Computing
  • Smartphone Storage
3.API (application programming interface)
  • Google Maps
  • Google Place 
Image result for aplikasi uber


Dari program yang sudah ada, masih ada kekurangan pada aplikasi yang dipakai oleh driver yaitu pada saat mendapat order dari penumpang, driver tidak mengetahui kemana tujuan yang akan driver tuju saat mengantar penumpang. Driver hanya mengetahui titik penjemputan dimana penumpang itu memesan. Maka dari itu perlu adanya pengembangan lebih lanjut untuk memaksimalkan aplikasi Uber tersebut.

Komentar